Sabtu, 27 November 2021

Tunggu Keajaiban, Hastag PrayForNanggala402 Jadi News Trending

24 April 2021
Kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali (Foto : Istimewa)

Jangkauan-Bali. Secara teori,  sesuai penjelasan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021),. pasokan oksigen pada kapal selam KRI Nanggala-402  habis pada pukul 03.00 dini hari tadi (24/4/2021) namun kapal itu belum ditemukan.

Sekarang berharap ada keajaiban untuk keselamatan 53 awak kapal selam yang hilang kontak sejak Rabu lalu tersebut. Yudo mengungkapkan sebelum hilang kontak, kondisi KRI Nanggala-402 dalam keadaan baik, secara personel maupun materiil Tak hanya itu, sertifikat kelaikan kapal selam ini pun masih berlaku hingga 25 Maret 2022 mendatang.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/breaking-news-kapal-selam-nanggala-loss-contact-di-perairan-bali/

https://www.jangkauan.com/begini-misi-rumit-penyelamatan-kru-kapal-selam/

“Jadi kapal KRI Nanggala ini masih dalam keadaan siap, baik personel maupun materiil dan sudah mendapat surat kelayakan dari Dislaikmatal TNI AL. Sertifikat kelaikan masih sampai tanggal 25 Maret 2022.” Kata Kasal.

Meski sudah melewati batas waktu cadangan oksigen, TNI masih berupaya secara maksimal melaksanakan mis penyelamatan Kapal Selam Nanggala 402  dengan mengerahkan 34 kapal. TNI mengerahkan 21 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Polri juga mendukung dengan mengerahkan 4 kapal polisi (KP) yaitu KP Gelatik-5016, KP Enggang-4016, KP Barata-8004, dan KP Balam-4017. Sedangkan Basarnas kirim 4 kapal KN SAR Antasena 234 yang bergerak dari Surabaya dan KN SAR Arjuna 229 standby di Banyuwangi, KN SAR Wisnu 103 bertolak dari Jakarta masih dalam perjalanan menuju lokasi, dan KN SAR Kamajaya yang berangkat dari Makassar.  

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/34-kapal-dikerahkan-save-nanggala-402/

Sedangkan dari negara sahabat  tercatat 5 kapal yang siap memberi dukungan dan sedang dalam perjalan ke Bali yaitu MV Swift Rescue (Singapura), MV Mega Bhakti (Malaysia), HMAS Ballarat dan HMAS Sirius (Australia) serta SCI Sabarmati (India).  Total 34 kapal yang dikerahkan untuk menyelamatkan KRI Nanggala 402. Jumlah ini ditengarai akan terus bertambah menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

#PrayForNanggala402 Jadi News Tranding

Seiring dengan merebaknya berita hilangnya kapal selam Nanggala 402, Indonesia dan juga dunia ikut prihatin. Selama Rabu hingga Sabtu ini (24/4/2021), berita hilangnya KRI Nanggala masih menghiasi headline majalah, surat kabar, media tv/radio termasuk jaringan berita online/ internet dan media sosial (Medsos)

Di jagat Twitter, hastag“#KRI402 #Ya Allah” menjadi trending topik di Indonesia sedangkan “#PrayForNanggala402”menjadi News Trending. “#KRI402 mendapatkan 441K Tweets #Ya Allah 153K Tweets, sedangkan  “#PrayForNanggala402 381K Tweets.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/mengenang-tragedi-kapal-selam-rusia-kursk/

Berikut cuplikan beberapa tweet :

@pcygurluss: 72 jam berlalu, namun mereka belum bisa ditemukan dan cadangan oksigen diperkirakan habis. Kita masi punya Allah yg Maha Kuasa, Maha membolak-balikan keadaan. Ya Allah datangkanlah keajaibanmu agar kami segera mendapatkan kabar terbaik mengenai KRI 402.

@ksjkth37: Sending all prayers to all the crew of Indonesian submarine KRI Nanggala 402. Still waiting for some good news and hope we will hear a good news very soon.

@JhonFruit: 72 jam telah berlalu, tetapi doa masyarakat Indonesia tidak akan pernah habis.Semoga seluruh awak kapal ditemukan dalam keadaan sehat wal Afiat Aamiiin.

@mgnyls2: God…I believe you, I believe in your miracle, please… I’m sure when you want everything can happen and change. Let’s pray that they are safe and well.

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/awak-kapal-selam-dididik-untuk-terima-tekanan/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments