Selasa, 19 Oktober 2021

Tinjau Lokasi Bencana, Presiden Bertolak ke NTT

9 April 2021
Presiden Jokowi bertolak menuju NTT. (Foto: BPMI Setpres/ Laily Rachev)

Jangkauan-Jakarta. Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, Jumat (09/04/2021), bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melakukan kunjungan kerja. Rencananya Presiden akan meninjau langsung sejumlah lokasi yang terdampak bencana di wilayah tersebut.

Dalam kunjungan ini, Presiden yang antara lain didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.00 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka.

Untuk diketahui, Kota Kupang dan 21 kabupaten di Provinsi NTT dilanda sejumlah bencana akibat dari siklon tropis seroja sejak 2 April sampai dengan 5 April 2021. Gubernur NTT Viktor Laiskodat telah menetapkan status tanggap darurat terhitung mulai tanggal 6 April sampai 5 Mei 2021.

Sebelumnya pada Selasa (06/04/2021) lalu, Presiden memimpin Rapat Terbatas (Ratas) membahas penanganan bencana yang di NTT dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam rapat yang digelar melalui konferensi video tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan lima arahan.

Pertama, Kepala Negara menginstruksikan dilakukan percepatan proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban yang belum ditemukan.

Kedua, Kepala Negara meminta jajaran terkait untuk memastikan hadirnya pelayanan kesehatan dan pertolongan medis yang dibutuhkan oleh para korban.

Ketiga, jajaran terkait diminta untuk segera menangani dan memenuhi kebutuhan para pengungsi, mulai dari logistik hingga sanitasi.

Keempat, Presiden menginstruksikan percepatan perbaikan infrastruktur penunjang yang rusak akibat bencana.

Kelima, Presiden meminta jajarannya untuk mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi akibat cuaca sangat ekstrem yang melanda berbagai kawasan di Indonesia.

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments