Selasa, 19 Oktober 2021

Setelah THR Cair, PNS Terima Gaji ke-13 Juni 2021

16 May 2021
PNS sedang beraktifitas di ruang kerjanya (Foto : Istimewa)

Jangkauan-Jakarta. Pemerintah akan mencairkan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Rencananya gaji ke-13 bagi PNS, pensiunan dan TNI/Polri pencairannya akan dilakukan habis lebaran.

“Selain THR, pemerintah akan memberikan gaji ke-13 yang nanti pelaksanaannya akan dilakukan Juni 2021,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani belum lama ini.

Terkait aturan, telah diterbitkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 63 Tahun 2021 tentang THR bagi PNS oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditindaklanjuti melalui Peraturan Menkeu (PMK) No. 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji ke-13 bagi Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021 bersumber dari APBN.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/presiden-teken-pp-thr-aparatur-negara-h-10-mulai-dibayarkan/

https://www.jangkauan.com/inilah-rincian-komponen-thr-dan-gaji-ke-13-pns-dan-pensiunan/

Tahun ini besaran gaji ke-13 tersebut terdiri atas sebesar gaji pokok dan tunjangan melekat seperti tunjangan jabatan dan keluarga. Adapun besaran THR dan gaji ke-13 PNS diberikan sama dengan kebijakan tahun lalu, yakni tidak diberikan secara penuh karena pemerintah masih melakukan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi covid-19.

Untuk THR telah dicairkan sejak H-10 sebelum lebaran secara bertahap. Melalui gaji ke-13, Sri Mulyani berharap PNS, TNI dan Polri bisa tetap fokus menjalankan tugas secara penuh.

Sebelumnya, Pemerintah telah membayarkan THR untuk PNS mulai H-10 lebaran. Kementerian Keuangan menyebut komponen pembayaran THR dan gaji ke-13 PNS terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dalam bentuk uang, termasuk juga tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Hal ini berarti tunjangan kinerja kembali dihapus dalam komponen THR dan gaji ke-13 tahun ini.

Komponen ini berlaku untuk PNS, PPPK, TNI, Polri, pejabat negara, dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, serta pegawai non-PNS.

Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji ke-13 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/dalam-5-tahun-utang-indonesia-naik-150-persen/

https://www.jangkauan.com/utang-indonesia-tembus-rp-6-445-triliun-per-maret-2021/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments