Selasa, 18 Januari 2022

Satgas Nemangkawi Tangkap 1 DPO Teroris KKB Papua

24 May 2021
LW, anggota KKB Papua yang ditangkap Satgas Nemangkawi (Foto: Istimewa)

Jangkauan-Puncak Jaya. Satuan Tugas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi menangkap LW, seorang anggota teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua Terinus Enumbi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. LW sebelumnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

LW diketahui sebagai pelaku penembakan almarhum Letda Blegur pada Agustus 2018 lalu. Disamping itu, dia juga merupakan pelaku perampasan senjata api milik seorang prajurit TNI yang kala itu sedang membawa sembako, pada Februari 2020 lalu.

Pada saat melakukan aksinya, LW tidak sendiri tetapi bersama dua rekannya yang kini masih diburu Satgas Newangkawi.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes M. Iqbal Alqudusy, mengatakan, LW sebelumnya telah masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Puncak. DPO diterbitkan sejak 9 Maret 2020 terkait tindak pidana pencurian dengan kekerasan senjata api Laras panjang jenis SS1 V1 milik seorang prajurit TNI di Kampung Biak, Distrik Mewoluk, Kabupaten Puncak Jaya.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/presiden-tangkap-seluruh-kkb-papua/

https://www.jangkauan.com/polri-upayakan-tangkap-gembong-kkb-hidup-hidup/

“LW ini sebelumnya telah masuk DPO Kepolisian,” kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/5/2021) seperti dilansir dari detik.com.

Iqbal menuturkan, LW kini dijerat dengan Pasal 365 Ayat (1) KUHPidana dan Pasal 55 Ayat (1) KUHPidana. LW masih dalam pemeriksaan. “Saat ini LW masih dalam pemeriksaan di Polres Puncak Jaya ,” ujar Iqbal.

Perburuan dan penangkapan terhadap anggota terrois KKB terus dilakukan pasukan TNI. Untuk menambah kekuatan, pasukan tambahan kembali didatangkan ke bumi Papua. Salah satunya yang terbaru adalah Pasukan Yonif 315 Garuda yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat.

Tambahan sebanyak 400 prajutit TNI itu mengemban misi menumpas gerakan separatis dan menjaga keamanan Bumi Cendrawasih dengan kesejahteraan. Pelepasan pasukan ini dipimpin langsung Komandan Korem (Danrem) 061 Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi di Mako Yonif 315 Garuda, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/5/2021).

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk menangkap seluruh anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ada di Papua.

“Saya juga telah memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB. Saya tegaskan, tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok tanah air,” ujarnya dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Senin (26/04/2021) seperti dilansir dari laman setkab.go.id.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/kontak-tembak-di-hari-lebaran-2-kkb-papua-tewas/

https://www.jangkauan.com/polri-catat-150-anggota-kkb-militan-yang-terus-diburu/

https://www.jangkauan.com/buru-kkb-400-prajurit-yonif-315-diberangkatkan-ke-papua/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments