Kamis, 20 Januari 2022

Presiden Sampaikan Ucapan Idul Fitri 1442 H

13 May 2021
Presiden RI dan Ibu Negara Iriana Jokowi. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Jangkauan-Jakarta. Presiden RI dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis (13/05/202).

“Dari Istana Kepresidenan Bogor, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” ujar Presiden dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Kabinet, Rabu (13/05/2021).

Ibu Negara Iriana yang berada di samping Presiden Jokowi juga turut menyampaikan ucapan Hari Raya Idulfitri kepada seluruh umat muslim di Tanah Air. “Saya juga mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin,” ujar Ibu Iriana.

Pada Lebaran yang dilalui masih di tengah pandemi COVID-19 ini, tutur Presiden, bangsa Indonesia masih harus bersabar dan menahan diri karena tidak bisa bersilaturahmi secara langsung atau bertatap muka dengan keluarga dan handai tolan. Meskipun berat, ini harus dilalui demi keselamatan semua.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/hari-1-larangan-mudik-pergerakan-transportasi-turun-drastis/

https://www.jangkauan.com/menhub-sidak-arus-mudik-terjadi-penurunan-90-persen/

“Memang hal itu sangatlah berat tetapi kita tidak punya pilihan, kita harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan kita semua. Ya, kita semua. Agar segera mungkin kita dapat terbebas dari pandemi,” ujarnya.

Presiden pun menyampaikan harapannya agar Hari Raya Idulfitri kali ini dapat menjadi momentum untuk bangkit dari pandemi.

“Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum bagi kita semua bangsa Indonesia untuk bangkit dan menang melawan pandemi COVID-19,” ujarnya. 

Selenjutnya Presiden dan Ibu Negara melaksanakan Salat Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (13/05/2021) pagi.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/sidang-isbat-pemerintah-tetapkan-lebaran-kamis-13-mei-2021/

https://www.jangkauan.com/inilah-panduan-salat-idul-fitri-1442-h-dari-kemenag/

Tiba sekitar pukul 06.16 WIB, Presiden yang mengenakan baju putih lengan panjang dipadukan dengan sarung bermotif batik dan peci berwarna hitam langsung menempati saf depan. Sementara Ibu Iriana yang mengenakan mukena berwarna coklat muda langsung menuju tempat yang telah disediakan.

Tepat pukul 06.36 WIB, Salat Idulfitri dimulai. Adapun yang bertindak selaku imam salat Idulfitri adalah Serda Ridwan Payopo yang dalam kesehariannya bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Salat Idulfitri kali ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan menjaga jarak antarjemaah.

Tampak mengikuti Salat Idulfitri kali ini beberapa perangkat melekat antara lain Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf. Windra Sanur.

Setelah Salat Idulfitri selesai sekitar pukul 07.02 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Wisma Bayurini Istana Kepresidenan Bogor.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/kkb-papua-ancam-munahkan-warga-jawa-negara-tidak-boleh-kalah/

https://www.jangkauan.com/pemerintah-perkenalkan-5-program-percepatan-pembangunan-papua/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments