Sabtu, 16 Oktober 2021

Presiden Ajak Masyarakat Berdoa Untuk 53 ABK KRI Nanggala

25 April 2021
Presiden Jokowi (Foto : ©Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jangkauan-Jakarta. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat untuk memanjatkan doa dan harapan terbaik bagi 53 awak kapal KRI Nanggala-402. Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa serta patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.

“Segala upaya terbaik pencarian dan penyelamatan telah dan masih akan kita lakukan. Untuk itu, marilah semuanya kita memanjatkan doa dan harapan terbaik bagi 53 patriot terbaik penjaga kedaulatan negara,” ujar Presiden dalam pernyataannya, Minggu (25/04/2021), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Disampaikan Kepala Negara, ia telah menerima laporan terkini dari Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) terkait upaya pencarian dan penyelamatan kapal selam tersebut. Presiden menjelaskan bahwa pada Sabtu (24/04/2021) kemarin, TNI Angkatan Laut telah menaikkan status KRI Nanggala-402 dari sebelumnya hilang kontak (submiss) menjadi tenggelam (subsunk).

Baca juga : https://www.jangkauan.com/panglima-tni-kri-nanggala-masuki-fase-tenggelam/

https://www.jangkauan.com/begini-misi-rumit-penyelamatan-kru-kapal-selam/

“Musibah ini mengejutkan kita semua, tidak hanya keluarga 53 awak kapal, keluarga Hiu Kencana maupun keluarga besar TNI Angkatan Laut,  tapi juga seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Kepada para anggota keluarga, Kepala Negara mendoakan agar selalu diberi kesabaran dan kekuatan. “Bagi segenap anggota keluarga agar diberikan kesabaran, ketabahan, dan kekuatan,” tuturnya

Upaya penyelamatan Kapal Selam Nanggala 402 sejak pertama diketahui hilang kontak hingga saat ini tetap dilaksanakan. Meskipun TNI AL telah menaikkan status KRI Nanggala-402 dari submiss (hilang) menjadi subsunk (tenggelam) didasarkan  sejumlah bukti otentik yang ditemukan tim pencarian di lapangan, namun upaya pencarian dan evakuasi akan terus dijalankan.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/mengenang-tragedi-kapal-selam-rusia-kursk/

https://www.jangkauan.com/34-kapal-dikerahkan-save-nanggala-402/

Sebelumnya diberitakan Sebanyak 34 kapal akan dikerahkan untuk mencari dan menyelamatkan kapal selam yang hilang dan loss contact pada Rabu, 21 April 2021. Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan 21 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk melakukan pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali pada Rabu, 21 April 2021 dini hari. 

Polri juga mendukung dengan mengerahkan 4 kapal polisi (KP) yaitu KP Gelatik-5016, KP Enggang-4016, KP Barata-8004, dan KP Balam-4017. Sedangkan Basarnas kirim 4 kapal KN SAR Antasena 234 yang bergerak dari Surabaya dan KN SAR Arjuna 229 standby di Banyuwangi, KN SAR Wisnu 103 bertolak dari Jakarta, dan KN SAR Kamajaya yang berangkat dari Makassar.  

Sedangkan dari negara sahabat  tercatat 5 kapal yang siap memberi dukungan dan sedang dalam perjalan ke Bali yaitu MV Swift Rescue (Singapura), MV Mega Bhakti (Malaysia), HMAS Ballarat dan HMAS Sirius (Australia) serta SCI Sabarmati (India).  Total 34 kapal yang dikerahkan untuk menyelamatkan KRI Nanggala 402.

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/awak-kapal-selam-dididik-untuk-terima-tekanan/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments