Sabtu, 16 Oktober 2021

Polri Sosialisasikan Pelat Nomor Khusus Kendaraan Anggota DPR

22 May 2021
Penampakan plat khusus kendaraan anggota DPR (Foto : Istimewa)

Jangkauan-Jakarta. Anggota DPR kini mendapatkan fasilitas khusus plat nomor kendaraan yang dibuat oleh pihak kepolisian. Plat nomor kendaraan tersebut merupakan bagian dari identitas anggota DPR.

Berbeda dengan plat dinas yang sudah ada sebelumnya, saat ini plat dinas DPR menggunakan nomor keanggotaan anggota DPR dengan warna dasar hitam di kolom, serta dilengkapi logo DPR dengan latar warna silver di bagian kiri.

Adalah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang selanjutnya menerbitkan surat telegram untuk menyosialisasikan ke seluruh jajaran di tingkat wilayah soal adanya pelat nomor khusus kendaraan anggota DPR.

Surat telegram itu bernomor STR/164/III/YAN/1.2./2021 tertanggal 15 Maret 2021 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes M Taslim Chairuddin membenarkan adanya telegram sosialiasi pelat nomor itu.

“Surat telegram itu untuk menyosialisasikan kepada jajaran, Kapolda dan lainnya kalau ada aturan di DPR terkait nomor pelat,” kata Taslim saat dihubungi, Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Baca juga : https://www.jangkauan.com/hasil-survei-capres-2024-anis-masih-ungguli-ganjar/

https://www.jangkauan.com/gubernur-baswedan-anda-berhasil-pengaruhi-pbb-dalam-waktu-2-menit/

Telegram itu merujuk pada penerbitan Peraturan Sekjen DPR RI Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penggunaan STNK dan TNKB Khusus Bagi Pimpinan dan Anggota DPR RI untuk memberikan identitas khusus dan pengamanan ranmor pimpinan dan Anggota DPR RI untuk kelancaran pelaksanaan giat konstitusional.

Sosialiasi telegram plat nomor anggota DPR tersebut ditujukan kepada jajaran Kapolda di seluruh Indonesia, Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri, antara lain, Irwasum Polri, Asrena Kapolri, Kadiv Propam Polri, dan Kadiv Humas Polri.

Sebagaimana telegram itu, pelat nomor tersebut memiliki ciri logo DPR RI. Berbentuk persegi panjang, warna dasarnya hitam pada kolom nomor. Kemudian, warna dasar silver pada kolom logo dan pada garis pinggir. Serta penomoran akan diberi warna silver.

Dalam hal ini, nomor pelat iitu akan diberikan kepada kendaraan bermotor yang telah teregister oleh Polri lewat Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) serta tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Lihat juga :

https://www.jangkauan.com/presiden-kepala-daerah-harus-berani-berinovasi/

https://www.jangkauan.com/kemenristek-dorong-hilirisasi-riset-dan-inovasi-peduli-lingkungan/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments