Sabtu, 27 November 2021

4 Pesawat Tempur Indonesia-Malaysia Patroli Udara Bersama

7 April 2021
Patroli udara bersama TNI AU dan TUDM (Foto: Dispenau)

Jangkauan-Pekanbaru. Pesawat tempur  TNI Angkatan Udara dan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM), melakukan patroli udara bersama di atas Selat Malaka bertajuk Patroli Terkoordinasi Malindo 2021 (Patkor Malindo-21) yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 6-7 April 2021.

Patkor Malindo adalah kerjasama rutin yang dilaksanakan antara TNI-AU dengan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) di atas wilayah udara perairan Selat Malaka. Dalam pelaksanaannya, Skadron Udara 16 sebagai perwakilan TNI-AU mengerahkan 2 pesawat F-16 C/D dengan callsign Rydder Flight. 

Terjun langsung dalam patroli kali ini adalah Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi “Elanus” Kustoro yang on board di pesawat leader yang diawaki oleh Komandan Skadron Udara 16, Letkol pnb Andri “Harpy” Setiawan, S.T., MMOAS. 

Sedangkan TUDM mengirimkan 2 Hawk 108/208 dari No.15 Skn dengan callsign Angkasa Flight. Patroli terkoordinasi dilaksanakan di atas batas perairan antara kedua negara. Rydder Flight berangkat dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, sedangkan Angkasa Flight dari  Butterworth Air Force Base.Kedua unsur selanjutnya bertemu di daerah yang sudah disepakati bersama.

Paktor Malindo-21 diadakan sebagai bentuk Komitmen Angkatan Udara kedua negara serumpun dalam merekatkan hubungan baik yang telah terjalin sejak dulu. Guna membangun kerjasama yang baik dan rasa saling menghargai dalam menjaga wilayah Selat Malaka, sebagai kawasan strategis pintu masuk jalur perdagangan tersibuk di dunia.

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments