Kamis, 20 Januari 2022

Pertamina : Kilang Balongan Bisa Beroperasi Kembali 4-5 Hari ke Depan

29 March 2021
Ilustrasi kilang minyak pertamina Balongan sebelum terbakar (Foto: Shutterstock)

Jangkauan-Jakarta. Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menargetkan Kilang Bahan Bakar Minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) di Balongan, Indramayu Jawa Barat yang terbakar, Senin (29/3/2021) malam pukul 00.45 WIB dalam waktu 4-5 hari ke depan sudah bisa normal kembali setelah dilakukan pemadaman dan saat kebakaran terjadi, Pertamina langsung melakukan shutdown.

“Sebenarnya produksi begitu kebakaran bisa ditangani nanti kilang lagsung bisa beroperasi lagi. Jadi gak ada masalah dengab kilang sambil menunggu pemadaman, kira-kira mungkin 4-5 hari mudah-mudahan bisa normal kembali,” kata dia saat konferensi pers, Senin (29/3/2021) seperti dilansir dari sindonews.

Dia menjelaskan bahwa akibat insiden kebakaran kilang, Pertamina kehilangan 400 ribu barel. Adapun kekurangan tersebut sementara akan disupply dari Kilang TPPI dan Kilang Cilacap. Di samping itu, Pertamina juga akan meingkatkan kapasitas di Kilang Cilacap dan TPPI untuk mengamnakan pasokan BBM disalurkan kepada masyarakat.

“Kilang Cilacap bisa dinaikan produksinya sampai 300 ribu barel dan TPPI bisa naik produksinya 500 ribu barel. Dari Cilacap akan dibawa dengan kapal, di supply langsung dari Tanjumg Priok sedangan Kilang TPPI akan disupplykan lewat TBBM Balongan,” kata dia.

Seperti diketahui, insiden kebakaran dan ledakan Kilang Balongan terjadi sekitar pukul 00.45 dini hari dengan kerugian ditaksir mencapai 400 ribu barel. Kilang Balongan dibangun tahun 1990 dan mulai beroperasi sejak 1994. Kilang ini mengolah bahan baku berupa minyak mentah Duri dan Minas yang berasal dari Provinsi Riau.

Keberadaan Kilang Balongan dipandang sangat strategis bagi bisnis Pertamina maupun bagi kepentingan nasional melalui produk-produk unggulan seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene atau Minyak Tanah, LPG, dan Propylene yang menjadi bahan baku plastik premium.

Selain itu, kilang ini juga mempunyai nilai strategis dalam menjaga kestabilan pasokan bahan bakar ke wilayah DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan sekitarnya yang merupakan sentra bisnis dan pemerintahan Indonesia.

Baca Juga : https://www.jangkauan.com/kilang-minyak-pertamina-balongan-terbakar/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments