Kamis, 20 Januari 2022

Per 30 April, Kominfo Catat 1556 Hoaks Covid dan 177 Hoaks Vaksin

1 May 2021
Menkominfo Johnny G Plate (Foto: Istimewa)

Jangkauan-Jakarta. Kemajuan era informasi dan teknologi digital yang membantu kehidupan sehari-hari setiap orang, dibarengi dengan betapa mudahnya berita palsu yang tidak benar atau biasa disebut hoaks menyebar dalam waktu sangat cepat.

Tak terkecuali di masa pandemi Covid-19 yang tengah diperangi oleh semua negara di dunia seperti saat ini. Nyatanya di tengah kemelut situasi pandemi Covid-19, infodemi semakin marak di tengah-tengah publik dan menyebar dengan mudh dan cepat di berbagai platform informasi.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/6-juta-vaksin-sinovac-tiba-kembali-di-indonesia/

Seperti dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, per 30 April 2021 Kementerian Informasi dan Informatika Republik Indonesia telah mencatat sebanyak lebih dari 1556 hoaks terkait Covid-19 dan 177 hoaks tentang vaksin Covid-19.

“Hingga pagi ini, Kominfo mencatat dan melabeli sebanyak 1556 hoaks terkait Covid serta 177 hoaks terkait soal vaksin Covid-19,” ujar Menko Johnny G. Plate, dalam siaran langsung Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 10, dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (30/4/2021).

Lihat juga :

https://www.jangkauan.com/april-2021-bio-farma-selesaikan-produksi-119-juta-dosis-vaksin/

https://www.jangkauan.com/indonesia-sudah-amankan-3295-juta-dosis-vaksin-dari-kebutuhan-426-juta/

Melihat betapa banyak berita dan informasi yang salah beredar luas di masyarakat, terutama menyangkut soal Covid-19 dan vaksin itu sendiri. Menkominfo Johnny mengimbau kepada setiap masyarakat Indonesia untuk selalu merujuk berita kepada berbagai sumber yang terpercaya.

“Saat ini dunia bukan hanya berupaya keras memerangi pandemi Covid-19, tapi infodemi makin marak di tengah ruang-ruang informasi publik meyebar dengan mudah dan cepat di media sosial dan media digital. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk merujuk ke sumber terpercaya. Seperti WHO, pemerintah Indonesia lewat Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kementerian Kesehatan, para kementerian terkait, atau para ahli di bidangnya,” tegasnya.

Baca juga :

https://www.jangkauan.com/vaksinasi-covid-19-capai-10-426-740-dosis/

https://www.jangkauan.com/vaksinasi-di-indonesia-tembus-10-juta/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments