Selasa, 19 Oktober 2021

Papua Kembali Memanas, 2 Anggota TNI Tewas Dikeroyok 20 OTK

18 May 2021
Satgas Nemangkawi di Papua yang turut mengejar pelaku pengeroyokan 2 anggota TNI (Foto : Satgas Nemangkawi)

Jangkauan-Papua. Dua personel TNI yakni Prada Aryudi dan Praka M Alif Nur gugur setelah dianiaya 20 orang tak dikenal (OTK) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (18/5/2021). Kedua korban yang merupakan anggota  Satgas Pamrahwan Yonif PR 432/WSJ, gugur setelah mengalami luka bacokan di bagian kepala.

“Iya benar (dua anggota gugur). Kita belum tahu pasti (siapa pelakunya),” ujar Danrem 172/PWY Brigjen Izak Pangemanan, Selasa (18/5/2021) seperti dilansir dari kompas.

Penyerangan terjadi sekitar pukul 11.00 WIT di sekitar area Bandara Nop Goliat Dekai. Ketika diserang, terang Izak, kedua personel TNI sedang melakukan pengamanan pembangunan pagar bandara.

“Mereka sedang mengamankan pembangunan pagar bandara, kemudian mereka didatangi oleh 20 orang tidak dikenal dan langsung dilakukan penyerangan, mereka dibacok,” kata Izak.

Kedua jenazah saat ini sudah berada di RSUD Dekai dan segera dievakuasi ke Jayapura.   Izak belum bisa memastikan siapa pelaku penyerangan. Namun, ia tidak menutup kemungkinan para pelaku adalah kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Baca juga : https://www.jangkauan.com/kontak-tembak-di-hari-lebaran-2-kkb-papua-tewas/

https://www.jangkauan.com/3-lembaga-adat-papua-sepakat-jadikan-kkb-teroris/

“Sementara sedang dilakukan pengejaran oleh Batalyoan 432 dan Brimob. Bisa saja mereka (KKB) karena kita sedang mendalami ini siapa pelakunya,” kata Izak.

Selain membunuh, para pelaku juga merampas senjata jenis SS2 milik dua prajurit TNI itu. “Kami sedang melakukan pengejaran, mereka masuk ke dalam hutan,” kata Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiana.

Sementara itu  di tempat lain, personel Satgas Nemangkawi kembali terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen, di Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (18/5/2021) pagi.

Kontak senjata terjadi ketika Satgas Nemangkawi semakin dekat dengan Markas Lekagak Telenggen di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara.

“Dari informasi, mereka (Satgas Nemangkawi) sudah tiba di pintu masuk, tinggal masuk saja. Kejadian jam 06.20 WIT di Kampung Makki, jadi kita sudah dekat ke markasnya mereka,” ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Selasa.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/resmi-pemerintah-tetapkan-kkb-papua-sebagai-teroris/

https://www.jangkauan.com/baku-tembak-di-ilaga-2-kkb-tewas-1-melarikan-diri/

Dalam kontak senjata itu, seorang personel Satgas Nemangkawi, Praka Rafles, tertembak di bagian kaki. “Seorang anggota kita terkena tembakan di kaki bagian lutut atas,” kata dia.

Fakhiri memastikan, aparat keamanan berusaha mengevakuasi prajurit yang terluka itu dari lapangan. Selain itu, ia juga sudah meminta personel di lapangan bersabar dan tidak tergesa-gesa melakukan penindakan.

“Kita terus berupaya melakukan pengejaran terhadap kelompok ini dan tetap melakukan pengepungan pagar betis, kita tidak akan membuat celah sedikit pun kepada mereka untuk bisa kembali melakukan aksi-aksi lagi di Kabupaten Puncak. Saya sudah sampaikan berulang kali kepada anggota untuk tidak terpancing, kita akan berusaha mengevakuasi korban,” kata Fakhiri.

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/satgas-nemangkawi-amankan-aktor-kerusuhan-papua-2019/

https://www.jangkauan.com/pakar-hukum-sudah-tepat-kkb-papua-dicap-organisasi-teroris/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments