Selasa, 19 Oktober 2021

Bang Jangkau : Membangun Portal Berita?

28 March 2021

Jangkauan-Jakarta. Membangun portal berita? Hehehe…. apa tidak salah dengar. Sudah bejibun dan seabrek portal berita yang ada di Indonesia saat ini. Mau jenis yang mana, semuanya ada. Saranku, cari kegiatan yang lain saja!.

Demikian sedikit perbincanganku dengan seorang bapak yang selama ini cukup berpengaruh dalam menentukan kehidupanku. Betul juga, apa yang bisa diharapkan dari “bisnis” itu. Seabrek berita dari situs-situs berita sudah membikin pusing gadget-gadget kita dari pagi sampai ketemu pagi lagi, dari berita orang berduit hingga orang yang kurang berkecukupan, dari berita besar hingga berita “ecek-ecek” asal jadi. Sumbernya dari situs berita yang terpercaya, yang setengah-setengah dan bisa juga yang “abal-abal”. Terus kalau aku “ngebet” pengin bikin situs berita, mau di kategori yang mana?

Sekedar menghilangkan dahaga kok, daripada baca berita dari situs orang, khan lebih afdol baca dari situs sendiri, heheheh, demikian aku berseloroh dan menanggapi “ketidaksetujuan” si bapak. Akhirnya si bapak setuju, asal tetap ikuti aturan yang ada, demikian katanya yang aku jawab dengan satu kata, “Siap!”.

Akhirnya dengan menggandeng beberapa teman yang aku anggap profesional di bidangnya, jadilah situs berita dengan nama “jangkauan” ini. Filosofi dari nama situs ini cukup sederhana, tidak pakai ribet, ndak usah lihat kamus, KBBI dan sebangsanya, cukup dengan mengerti saja arti jangkauan, itu sudah cukup. Hanya, sesuai namanya, ada harapan kecil untuk situs ini yakni mampu menjangkau berita tanpa batas, dari seluruh pelosok negeri dan juga menjangkau pembaca tanpa batas.

Sebagai langkah awal untuk mengawaki jangkauan.com ini, aku buka loker lewat WA Group lingkungan RT, grup alumni sekolah, grup lingkungan kerja dan grup lingkungan dengan harapan, awak media nanti tidak jauh dari lokasi kantor redaksinya. Untuk wartawan/ jurnalis nya, aku tidak mematok persyaratan yang tinggi, cukup lulusan S-1/ SMA yang bisa komputer dan sedikit mengerti ilmu jurnalistik.

Setelah beberapa lama mencari akhirnya didapatlah beberapa orang calon yang menurutku cukup memenuhi syarat. Khusus untuk calon jurnalis, selama seminggu lebih, aku coba godok, poles dan bimbing mereka mulai dari pemahaman tentang materi 5W1H hingga kaidah dan etika jurnalistik sebagai bekal mereka mendalami dunia “news” ini.

Setelah seluruh administrasi termasuk pengawaknya sudah siap maka tanggal 18 Maret 2021, situs www.jangkauan.com ini diluncurkan secara resmi. Tidak ada pita, pembukaan selubung kantor redaksi atau potong tumpeng, melainkan doa bersama dari seluruh pengawak.
Semoga situs ini bisa bertahan dan eksis menjalani kewajibannya sebagai pewarta yang baik. Aamiin

Terima kasih.

Jakarta, 28 Maret 2021,
Bang Jangkau

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments