Rabu, 22 September 2021

Marinir Indonesia dan Amerika Berlatih Perang Kota di Situbondo

5 June 2021
Marinir Indonesia dan Amerika saat berlatih perang kota di Situbondo (Foto: Istimewa)

Jangkauan-Situbondo. Dua pasukan khusus Indonesia dan Amerika yaitu Batalyon Intai Amfibi dan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissace Unit melakukan latihan perang kota di pemukiman kawasan Baluran Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (05/6/2021).

Kegiatan tersebut merupakan latihan Small Unit Tactical dan perang kota atau Military Operations On Urban Terrain (MOUT) dalam rangkaian latihan bersama Reconex 21-II. Latihan ini di pusatkan di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur.

Latihan yang dipantau langsung oleh Komandan Satgas Latihan Letkol Marinir Supriyono dan Paopslat Lettu Marinir Eko Putra tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik dan taktik prajurit Intai Amfibi Korps Marinir dalam melaksanakan Small Unit Tactical dan perang kota atau Military Operations On Urban Terrain.

Komandan Satgas Latihan, Letkol Marinir Supriyono, mengatakan dalam latiha ini kedua pasukan elit diberikan materi mengenai taktik perang kota seperti pemantapan latihan tanda-tanda visual dalam patroli, teknik melintasi bangunan, serta tehnik penyerangan pemukiman dan kota.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/prajurit-yontaifib-2-marinir-perdalam-kemampuan-fastrope-dan-stabo/

https://www.jangkauan.com/prajurit-marinir-tni-al-beradu-otot-di-atas-kapal-perang/

Di samping itu, latihan perang kota kali ini juga untuk melihat sejauh mana taktik maupun teknik yang digunakan Marinir kedua negara apabila terjadi permasalahan atau konflik di permukiman dan bagaimana cara penyelesaiannya.

”Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut yaitu meningkatkan profesionalisme prajurit Marinir kedua Negara khususnya prajurit Intai Amfibi Korps Marinir yang memiliki kemampuan bertempur di Tiga Media (Tri Media) yaitu di Darat, Laut dan Udara,” ujarnya.

Latma Reconex 21-II merupakan serial pertama antara Korps Marinir TNI Angkatan Laut bersama USMC yang melibatkan satuan Intai Amfibi Marinir dengan Reconnaissance Unit dengan materi mengenai operasi intai amfibi.

Latihan bersama ini dibagi menjadi dua tingkat yaitu Reconex 21-I Team Level yang dilaksanakan di Camp Pendelton Amerika Serikat dan Reconex 21-II Platoon Level yang dilaksanakan di Puslatpurmar 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo dan Puslatpurmar 7 Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan USMC Reconnaissance Unit melalui latihan teknis dan taktis serta latihan satuan setingkat peleton dengan fokus pada operasi intai amfibi.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/roket-40-laras-marinir-hebohkan-kota-sorong-papua/

https://www.jangkauan.com/sabtu-pagi-ratusan-marinir-menyerbu-dabo-singkep/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments