Kamis, 20 Januari 2022

Luar Biasa, Rizky Juniansyah Pecahkan Tiga Rekor Dunia!

1 June 2021
Rizky Juniansyah yang berhasil memecahkan tiga rekor dunia junior dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2021 di Uzbekistan (Foto: dok PB PABSI).

Jangkauan-Tashkent. Prestasi luar biasa diukir lifter muda tanah air Rizky Juniansyah yang berhasil memecahkan tiga rekor dunia junior dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2021 di Tashkent, Uzbekistan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan apresiasi kepada Rizky. Dikatakannya, pemerintah akan memberikan dukungan dalam hal pembinaan atlet.

“Selamat dan tentu saya mengapresiasi atas pencapaiannya. Ini luar biasa, akan kita jaga sehingga dengan nantinya dia masuk ke elit atau senior itu tetap stabil prestasinya,” ujar Menpora Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora, Senin (31/5/2021).

Rizky yang turun di kelas 73kg, berhak atas tiga medali emas setelah menghasilkan angkatan total 349kg, dari angkatan snatch 155kg dan clean and jerk 194kg. Catatan ini mempertajam rekor sebelumnya yang dibukukan lifter Amerika Serikat Clerence Cummings Jr. pada 2019 lalu dengan angkatan total 347kg, dari angkatan snatch 154kg dan clean and jerk 193kg.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/marinir-gelar-lomba-pentathlon-2021-yang-diikuti-15-batalyon/

https://www.jangkauan.com/chelsea-juara-liga-champions-2020-2021/

Dalam kejuaraan yang masuk dalam rangkaian kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo itu, Rizky dengan mulus mengangkat angkatan snatch dalam tiga kali percobaan. Dimulai dari 142kg, 146kg, hingga 155kg.

Rizky juga tidak mendapat hambatan berarti saat melakukan angkatan clean and jerk dalam tiga kali kesempatan. Dimulai dari 180kg, 189kg, dan 194kg.

“Pemerintah akan memberi dukungan secara terus menerus dalam hal pembinaan atlet. Sekarang kita sudah punya talenta atau bibit atlet junior yang bisa nantinya untuk menjadi atlet elit,” pungkas Menpora.

Sementara Rizky  sepertinya ketagihan untuk mengukir rekor di cabang olahraga angkat besi ini. Setelah dirinya berhasil memecahkan tiga rekor dunia angkat besi junior di kelas 73 Kg pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior di Uzbekistan itu, ia berniat mencoba memecahkan rekor dunia junior di kelas 81 Kg.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/atletico-madrid-juara-liga-spanyol-2020-2021/

https://www.jangkauan.com/juventus-juara-coppa-italia-2020-2021/

“Karena masih ada kesempatan berlaga di level junior dua tahun kedepan, obsesi saya selanjutnya mampu memecahkan rekor dunia junior di kelas 81 Kg untuk itu saya berniat pindah ke kelas 81 Kg, ” papar Rizky dalam keterangan persnya, Minggu (30/5/2021) seperti dilansir dari sindonews.

Lifter kelahiran Banten, 17 Juni 2003 itu mengatakan, untuk bisa tampil di kelas 81 Kg, Rizky harus menjaga berat badannya tidak boleh melebihi 80 Kg. “Ini juga untuk jaga-jaga jika nantinya saya harus tampil di kelas 73 Kg untuk menurunkan berat badan tidak sulit, ” paparnya.

Sedangkan, rekor dunia junior kelas 81 Kg saat ini yang sedang dibidiknya yakni, angkatan Snatch seberat 168 Kg yang dicetak lifter China, Li Dayin dan Clean and Jerk 208 Kg yang ditorehkan lifter Bulgaria Nasar Karlos Mau Hasan.

“Selisihnya tidak jauh dengan rekor dunia di kelas 73 Kg yang baru saja saya pecahkan yakni Snatch 155 Kg dan Clean and Jerk 194 Kg, tinggal saya harus fokus untuk menambah berat angkatan di kelas baru ini,” ungkap Rizky.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/bpk-ri-kunjungi-markas-petarung-marinir-cilandak/

https://www.jangkauan.com/kontingen-garuda-marinir-berhasil-rebut-simpati-masyarakat-lokal/


berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments