Sabtu, 19 Juni 2021

Kontak Tembak di Ilaga, Tiga KKB Tertembak Satu Tewas

11 June 2021
Satgas Nemangkawi yang terus memburu teroris KKB Papua (Foto : Istimewa)

Jangkauan-Puncak. Baku tembak kembali terjadi antara Satgas Nemangkawi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Eromaga, Distrik Ilaga, Puncak, Papua, Kamis (19/6/2021). Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak tiga anggota KKB mengalami luka tembak. Seorang dinyatakan tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

“Informasi dari masyarakat dan pantauan, dua luka tembak atas nama Tinggiter dan Manis sementara 1 orang lainnya meninggal dunia atas nama Keminus Murib,” kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M. Iqbal Al-Qudusy, Jakarta, Kamis (10/6/2021) seperti dilansir dari okezone.

Satgas Nemangkawi menyebut tiga anggota teroris KKB yang ditembak berasal dari Kelompok Lekagak Telenggen. Menurut Iqbal, kelompok teroris KKB ini sudah semakin terdesak, 3 anggotanya berhasil dilumpuhkan, dan penyebar hoaksnya telah di tangkap.

“Bagi penyebar hoaks lainnya, agar bersiap TNI-Polri akan menegakkan hukum. Negara tidak akan kalah dengan segelintir orang dengan hastat politik yang menumbalkan masyarakat sipil dan menyebar teror di provinsi Papua Indonesia,” tutup Iqbal.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/baku-tembak-di-ilaga-satu-teroris-kkb-papua-tertembak/

Iqbal mengingatkan agar masyarakat tidak menyebarkan hoaks soal penegakan hukum terhadap KKB ini. Polisi, lanjut dia, akan memproses hukum para penyebar berita bohong tersebut.

Sebelumnya Satu anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua ditembak aparat gabungan TNI-Polri, Selasa (8/6/2021). Baku tembak terjadi saat aparat sedang patroli di dekat bandara.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/kkb-tambah-brutal-4-warga-sipil-tewas-dan-fasilitas-bandara-dibakar/

Disebutkan, peluru aparat menembus paha teroris KKB tersebut. Namun belum ada kepastian tembakan mengakibatkan anggota KKB itu meninggal dunia atau tidak.

Baku tembak ini terjadi  ketika patroli gabungan TNI-Polri  pimpinan Kapolres Puncak, Kompol Nyoman dan Dandim Puncak, Letkol Rofi Irwansah. Namun tiba-tiba dihadang tembakan dari arah honai (rumah adat Papua).

“Aparat tetap tidak bergeser dan terus menyisir ke arah kelompok teroris di ketinggian. 8 personil gabungan TNI-Polri tiba di pinggir Bandara Ilaga pukul 17.04 WIT. Tim memantau ke arah sebelah kanan bandara dan terlihat 1 orang bersembunyi di samping rumah, sedang memegang senjata api. Dan personel Satgas Nemangkawi melakukan penembakan sehingga 1 tepat mengenai paha,” jelas Iqbal.

Beberapa rumah di sekitar area kontak tembak dibakar oleh KKB. Iqbal kemudian menyebut anggota KKB yang tertembak belakangan diketahui bernama Sapikul.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/kkb-kian-mengganas-warga-sipil-diminta-pindah-dari-zona-bahaya/

https://www.jangkauan.com/densus-88-amankan-belasan-terduga-teroris-di-merauke/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments