Sabtu, 27 November 2021

Konflik Demokrat di Mata Mahfud MD

11 March 2021
Menkopohukam Mahfud MD (Foto Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda)

Jangkauan-Jakarta. Konflik yang menimpa partai Demokrat yang menyita perhatian publik akhir-akhir ini, belum dapat diketahui titik terangnya. Meski demikian, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam siaran Mata Najwa, Rabu (10/3) malam mengatakan penyelesaian konflik Partai Demokrat pemerintah akan berpedoman kepada tiga hal.

Pertama, undang-undang nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik. Kedua, Keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) nomor 34 tahun 2017 tentang Tata Cara Pendaftaran Partai dan Pengurus Partai. Ketiga, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang saat ini berlaku. “AD/ART yang berlaku yang mana? Yang sekarang masih terdaftar,” kata Mahfud.

Mengenai perubahan yang dilakukan terhadap AD/ART itu, akan diteliti lebih lanjut mengenai kebenaran prosedurnya. Mahfud menyampaikan bahwa AD/ART Partai Demokrat yang saat ini diakui pemerintah adalah AD/ART hasil kongres tahun 2020. Sementara, Ketua Umum yang diakui adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain itu, Mahfud mengatakan bahwa Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar pada Jumat (5/3) lalu juga akan dinilai keabsahannya. “Nanti kita lihat,” kata Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) itu.

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments