Selasa, 19 Oktober 2021

Jakarta Nihil Kasus Covid-19 dari Mutasi B117

12 March 2021
Jubir Kemenkes Siti Nadia Tirmidzi (Foto/BNPB)

Jangkauan-Jakarta. Dari sebanyak 6 kasus covid-19 mutasi B117 di Indonesia, sampai saat ini belum ada kasus yang ditemukan di DKI Jakarta.

Demikian ditegaskan Juru Bicara Kementerian Kesehatan ( Jubir Kemenkes ), Siti Nadia Tirmidzi dalam dialog Pemantauan Genomik Varian Baru SARS-Cov2 di Indonesia secara virtual, Jumat (12/3/2021).

Jubir Kemenkes mengatakan 6 kasus mutasi B117 yang dilaporkan ke GISAID yakni 2 di Karawang, 2 di Sumatera Utara, 1 di Sumatera Selatan, 1 di Kalimantan Timur, dan 1 dari Kalimantan Selatan. Total 6 kasus variasi B117 yang sudah ditemukan dan dilaporkan ke GISAID ini yang pertama adalah 2 kasus di Karawang yaitu di provinsi Jawa Barat, kemudian 1 kasus tadi di Sumatera Utara, satu kasus itu di Sumatera Selatan, satu kasus lagi adalah Kalimantan Timur dan yang terakhir adalah 1 kasus di Kalimantan Selatan.

Menurut Nadia, sebelumnya, diketahui 6 kasus varian dari B117 salah satu sampel itu dari Jakarta. Tapi setelah dilakukan pelacakan kasus, sampelnya ternyata diambil dari pekerja migran Indonesia, ternyata asal dari pada kasus ini adalah bukan di Jakarta.

Dari fakta itu maka kata Nadia, kasus mutasi B117 yang berkedudukan di Jakarta belum ditemukan sampai saat ini. “Jadi sampai saat ini kasus yang berkedudukan di Jakarta kita belum temukan adanya variasi mutasi dari B117.”ujarnya

Nadia menjelaskan bahwa laporan yang dilaporkan di GISAID adalah tertulis laboratorium pemeriksaan asal sampel, bukan asal kasus. “Nah ini mengapa kemudian pada laporan tertulis adalah laboratorium yang melakukan pemeriksaan dan asal sampel. Jadi kemarin tempat kita klarifikasi lagi kita lakukan pelacakan kasus jadi 6 kasus itu tidak ada yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta. Jadi ini yang ini saya tambahkan dari 6 kasus tadi,” tegas Nadia.

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments