Selasa, 19 Oktober 2021

Inilah Daftar SMA-MAN-SMK Terbaik Berdasarkan UTBK

31 May 2021
SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta yang menjadi unggulan pertama (Foto: Istimewa)

Jangkauan-Jakarta– Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan daftar sekolah terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020. Penilaian ini dibagi atas 4 sub tema.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, daftar sekolah terbaik yang dilakukan LTMPT ini adalah berdasarkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020 . Pengukurannya terbagi atas 4 sub tes yakni kemampuan kuantitatif, kemampuan memahami bacaan dan menulis, kemampuan penalaran umum dan pengetahuan pemahaman umum.

Nasih menjelaskan, sekolah baik SMA, SMK dan MA yang diikutsertakan dalam pengukuran ini adalah sekolah jenjang menengah atas yang jumlah siswanya mengikuti UTBK 2020 minimal 20 orang. Jumlah sekolah yang memenuhi kriteria ini, ujar Nasih, ada 6.319 sekolah.

Nasih menuturkan, secara umum klasifikasi berdasarkan jenis sekolah berdasarkan 1000 sekolah dengan rerata nilai TPS tertinggi yaitu jumlah SMA yang masuk ada 872 sekolah, MA 65 sekolah, SMK 58 sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) 5.

Sementara jika diliat dari sebaran provinsi, Jawa Tengah ada 187 sekolah yang berkontribusi di pengukuran ini yang menurutnya ini angka yang cukup tinggi. “Diikuti Jawa Barat 182, Jawa Timur 151, DKI Jakarta 141, DI Yogyakarta 80, Banten 52, Sumatera Barat 27, Sumatera Utraa 21, Riau 21 dan Bali 21 sekolah, ” katanya melalui siaran Youtube LTMPT pada pengumuman Top 1000 SLTA berdasarkan Nilai UTBK tahun 2020 seperti dilansir dari sindonews.

Oleh karena itu, jelasnya, berdasarkan rerata nilai TPS UTBK 2020 ada 10 sekolah terbaik. Yakni pertama adalah SMAN Unggulan MH Thamrin (DKI), MAN Insan Cendekia Serpong (Banten), SMAS Unggulan Del (Sumut), SMAN 8 Jakarta (DKI), SMAN 5 Surabaya (Jatim), SMAS 1 Kristen BPK Penabur (DKI), SMAS BPK 1 Penabur Bandung (Jabar), SMAS Dian Harapan (DKI), SMAN 1 Yogyakarta (DIY) dan SMA Katolik ST Louis 1 (Jatim).

Baca juga : https://www.jangkauan.com/uji-coba-sekolah-offline-di-jakarta-zero-laporan-covid-19/

https://www.jangkauan.com/sekolah-tatap-muka-diakselerasi-dengan-vaksinasi-dan-bos/

“Selamat kepada SMAN Unggulan MH Thamrin. Yang tadi dikontribusi dari nilai pemahaman umum dan penalaran umum memang berada pada posisi tertinggi nilai subtesnya,” kata Nasih memberi selamat.

Sementara jika diklasifikasikan berdasarkan sekolah maka SMA yang masuk Top 10 adalah SMAN Unggulan MH Thamrin (DKI), SMAS Unggul Del (Sumut), SMAN 8 Jakarta (DKI), SMAN 5 Surabaya (Jatim), SMAS 1 Kristen BPK Penabur (DKI), SMA BPK 1 Penabur Bandung (Jabar), SMAS Dian Harapan (DKI), SMAN 1 Yogyakarta (DIY), SMA Katolik ST Louis 1 (Jatim) dan SMAN Banua Kalsel (Kalsel).

Untuk kategori MA adalah, MAN Insan Cendekia Serpong (Banten), MAN Insan Cendekia Gorontalo (Gorontalo), MAN Insan Cendekia Pekalongan (Jateng), MAN 2 Kota Malang (Jatim), MAN Insan Cendekia Padang Pariaman (Sumbar), MAN Insan Cendekia Oki (Sumsel), MAN Insan Cendekia Jambi (Jambi), MAS Zakaria (Jabar), MAN 1 Yogyakarta (DIY) dan MAN 2 Kudus (Jateng).

Sedangkan untuk TOP 10 SMK yakni SMK-SMAK Bogor (Jabar), SMKN Jateng di Semarang (Jateng), SMK SMTI (DIY), SMKN 2 Pekalongan (Jateng), SMKN 2 Depok (DIY), SMKN 2 Wonosari (DIY), SMKN 1 Temanggung (Jateng), SMKN 7 Semarang (Jateng), SMKS Telkom Sandhy Putra (Jatim) dan SMKN 26 Jakarta (DKI).

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/pemerintah-buka-sekolah-offline-mulai-juli-2021/

https://www.jangkauan.com/jumat-ini-pendaftaran-sekolah-kedinasan-dibuka-alokasi-8-500-formasi/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments