Selasa, 19 Oktober 2021

Indahnya Berbuka Puasa Bersama Keluarga

14 April 2021

Jangkauan-Jakarta. Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah tiba. Salah satu yang paling indah dan hampir sebagian besar warga menikmati dan merasakannya adalah makan bersama di saat berbuka atau istilah berbuka bersama keluarga.

Kalau sebelumnya, acara makan bersama keluarga bisa dihitung dengan jari maka bulan suci ramadhan telah menyatukan keluarga untuk bersama-sama menyantap hidangan di satu meja saat berbuka. Tidak ada lagi si sulung makan belakangan karena belum lapar, si bungsu yang makan duluan atau si bapak yang sering makan sendirian karena pulang kerja sudah malam. Di bulan suci ini semuanya disatukan, makan bersama di kala berbuka dan juga sahur.

Dari beberapa literatur, berbuka bersama keluarga ternyata banyak manfaatnya, di antaranya ada 4 manfaat seperti disebutkan di bawah ini.

Manfaat -1 : Kesempatan untuk Saling Terbuka

Jika selama ini hubungan keluarga tidak harmonis atau kurang terbuka satu sama lain, Anda bisa menjadikan bulan suci Ramadhan ini sebagai momen tepat untuk mengembalikan keharmonisan keluarga. Saat buka puasa, Anda bisa berbincang santai menceritakan segala hal, mulai dari hal sepele sampai dengan yang serius. Momen buka puasa bersama ini memberikan kesempatan kepada Anda yang selama ini takut untuk berbicara terbuka kepada keluarga. Saat menikmati hidangan buka puasa, Anda bisa mulai sharing seputar hal-hal yang selama ini tidak pernah Anda ungkapkan kepada keluarga.

Manfaat-2 : Silaturahim Dalam Keluarga

Setiap anggota keluarga mungkin memiliki kesibukan masing-masing. Bahkan, karena kesibukan tersebut Anda dan anggota keluarga lainnya jadi jarang ngobrol. Walaupun tinggal di bawah satu atap, Anda dan saudara atau orang tua mungkin jarang bertemu dan ngobrol santai. Nah, bila Anda sering berbuka puasa bersama keluarga, maka hal ini dapat menjadi sebuah silaturahim dalam keluarga untuk kembali mendekatkan anggota keluarga yang mungkin jarang bertemu, jarang ngobrol, dan jarang makan malam bersama.

Manfaat-3 : Membangun Kekompakan Keluarga

Tahukah Anda bahwa berbuka bersama keluarga bisa membangun kekompakan dalam sebuah keluarga. Pasalnya, sebelum sama-sama berbuka puasa, Anda dapat memberi tugas pada seluruh anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam menyiapkan hidangan buka puasa. Misalnya, si kecil dapat membantu Anda menyiapkan resep minuman untuk berbuka puasa dengan hidangannya. Sementara si ayah dapat menyiapkan peralatan makan di meja. Lakukan aktivitas menyiapkan buka puasa bersama keluarga ini setiap hari untuk membangun kekompakan antar anggota keluarga.

Manfaat-4 : Menciptakan Kenangan yang Indah

​Kesibukan sehari-hari dapat membuat Anda selalu melewatkan waktu makan malam bersama keluarga. Pada saat bulan uasa ini, usahakan untuk selalu menyempatkan diri berbuka bersama keluarga meskipun tidak setiap hari. Usai berbuka puasa, tidak ada salahnya jika Anda sekeluarga beribadah tarawih bersama-sama. Kebiasaan yang sederhana ini bisa menciptakan kenangan yang indah di dalam Anda sekluarga.

Manfaat yang bisa Anda peroleh dari kebiasaan buka puasa bersama keluarga tidak hanya ini saja. Menurut Dr. Anne K. Fishel, salah satu penggagas The Family Dinner Project, kebiasaan makan bersama keluarga juga memberikan dampak positif terhadap psikologis anak. Kebiasaan makan bersama sekeluarga dapat menekan angka penyalahgunaan obat-obatan dan tingkat depresi pada remaja. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memperbaiki situasi psikologi anak yang biasanya mempengaruhi nilai akademis mereka.

Dengan membiasakan semua anggota keluarga untuk berbuka puasa bersama, maka Anda sekeluarga sudah belajar mengenai hal-hal positif. Misalnya, Anda sekeluarga akan belajar melayani satu sama lain ketika menyiapkan resep minuman untuk berbuka puasa, belajar mengucapkan terima kasih kepada saudara atau orang tua yang membuatkan makanan, dan sama-sama belajar untuk menjaga kehangatan di dalam keluarga.

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments