Selasa, 19 Oktober 2021

Facebook Tidak Berencana Memberitahukan Kebocoran Data

8 April 2021
Ilustrasi Facebook

Jangkauan-Menlo Park.  Untuk kasus bocornya 530 juta data pengguna yang ramai baru-baru ini, seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa pihaknya tidak berencana memberikan pemberitahuan ke penggunanya yang terdampak oleh kebocoran data tersebut.

Dilansir dari kompas hari ini, alasannya,  perusahaan jejaring sosial raksasa itu tidak yakin siapa saja pengguna yang kira-kira perlu diberi pemberitahuan dan siapa yang tidak. Pengguna juga tidak bisa memperbaiki masalah tersebut karena data sudah terlanjur disebar di ruang publik.

Data pribadi milik ratusan juta data pengguna dilaporkan terpampang di sebuah forum peretas amatir dan bisa diunduh secara gratis. Jenis informasi di dalamnya termasuk nomor telepon, lokasi, tanggal lahir, ID Facebook, gender, pekerjaan, asal negara, status pernikahan, hingga alamat e-mail.

Ironisnya, pendiri Facebook Mark Zuckerberg juga menjadi salah satu korban kebocoran data sehingga nomor teleponnya tersebar. Dia pun kemudian ketahuan memakai aplikasi Signal yang merupakan pesaing WhatsApp kepunyaan Facebook.

Di situs resminya, Facebook menyebutkan bahwa aneka informasi pengguna yang bocor itu merupakan data data publik dan tidak memuat data sensitif seperti informasi keuangan, kesehatan atau kata sandi akun.

Pelaku kejahatan juga disebutkan tidak meretas sistem Facebook, melainkan mengambil data dengan web scraping. Ini dilakukan lewat software otomatis untuk mengekstrak informasi publik dari internet dan kemudian didistribusikan di forum online.

Facebook meyakinkan pengguna bahwa celah keamanan di tahun 2019 itu kini telah ditambal dan tidak lagi ditemukan, dan data yang bocor di internet adalah “data lama”. Klaim ini menuai kritik karena sebagian data tersebut tetap valid, misalnya informasi e-mail dan nomor telepon, sehingga masih berbahaya karena bisa digunakan aktor kejahatan untuk melancarkan aksinya.


berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments