Sabtu, 16 Oktober 2021

Euro 2020: Italia dan Wales Lolos 16 Besar

21 June 2021
Italia mengalahkan Wales dengan skor 1-0. (AP/Ryan Pierse)

Jangkauan-Roma. Timnas Italia berhasil mengalahkan timnas Wales dengan skor 1-0 di Euro 2020 (Euro 2021) pada pertandingan terakhir fase grup, Minggu (20/6/2021) malam WIB. di Stadion Olimpico, Roma. Italia berhasil jadi juara grup sedangkan Wales lolos ke babak 16 besar sebagai runner up.

Dilansir dari cnnindonesia, Senin (21/6/2021), meski melakukan rotasi besar-besaran, Italia berhasil mendominasi permainan sejak babak pertama. Italia berhasil mengurung pertahanan Wales yang kesulitan keluar dari tekanan. Namun gol Italia baru datang di menit ke-39. Gol tersebut berasal dari skema tendangan bebas yang dilepaskan oleh Marco Verratti. Umpan Verrati berhasil diteruskan oleh Matteo Pessina menjadi gol.

Setelah Italia unggul 1-0, Roberto Mancini memutuskan mengistirahatkan Leonardo Bonucci dan menggantinya dengan Francesco Acerbi. Pada menit ke-53, Federico Bernardeschi melepaskan tendangan bebas namun tembakan Bernardeschi membentur tiang gawang.

Semenit kemudian, Acerbi melakukan kesalahan fatal yang membuat Aaron Ramsey terbebas dan berhadapan langsung dengan Gianluigi Donnarumma. Namun Ramsey terlalu lama melakukan tendangan sehingga situasi darurat bisa diatasi Italia.

Di menit ke-58, Wales harus bermain dengan 10 orang pemain karena Ethan Ampadu terkena kartu merah langsung. Ampadu dianggap melakukan pelanggaran keras saat menjejakkan kakinya ke kaki Bernardeschi.

Setelah unggul jumlah pemain, Italia makin dominan menguasai permainan dan melakukan tekanan. Di menit ke-65, tendangan Andrea Belotti hasil umpan matang Federico Chiesa masih bisa ditahan oleh Ward. Pada 15 menit terakhir, Mancini memutuskan untuk menurunkan Bryan Cristante dan Giacomo Raspadori untuk menggantikan Jorginho dan Bernardeschi.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/euro-2020-jerman-bekuk-portugal-4-2-spanyol-dan-prancis-seri/

https://www.jangkauan.com/euro-2020-belgia-dan-belanda-lolos-ke-16-besar/

Di menit ke-76, Gareth Bale punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan setelah menerima umpan sundulan dari Joe Rodon. Namun tendangan voli Bale di muka gawang jauh dari sasaran.  Pada menit ke-89, Belotti melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti namun Ward berada di posisi yang bagus untuk menangkapnya.

Wales yang unggul selisih gol atas Swiss memilih le bih fokus bertahan di sisa waktu dibanding menyerang untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-0 untuk Italia bertahan hingga akhir pertandingan. Italia dan Wales lolos ke babak 16 besar.

Selain Italia dan Wales, Belgia juga mengunci tiket 16 besar usai mengalahkan Denmark dengan skor 2-1. Meski sudah memegang tiket 16 besar, Belgia belum memastikan posisi mereka di klasemen akhir Grup B. Belgia masih mungkin tergusur dari posisi puncak klasemen di laga terakhir, Senin (21/6) waktu setempat.

Belanda juga lolos setelah melakoni dua laga awal di Grup C. Lantaran mengalahkan Ukraina dan Austria, Belanda sudah dipastikan jadi juara grup karena unggul head to head atas dua negara tersebut andai nilai mereka sama di akhir babak penyisihan. Kondisi tersebut membuat Belanda kemungkinan besar bakal melakukan rotasi besar-besaran di laga terakhir melawan Makedonia Utara.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci (Francesco Acerbi 46), Alessandro Bastoni, Emerson; Matteo Pessina (Gaetano Castrovilli 87), Jorginho (Bryan Cristante 75), Marco Verratti; Federico Bernardeschi (Giacomo Raspadori 75), Andrea Belotti, Federico Chiesa.

Wales (3-4-3) : Danny Ward; Joe Rodon, Ethan Ampadu, Chris Gunter; Conor Roberts, Joe Morrell (Kieffer Moore 60), Joe Allen (Dylan Levitt 86), Neco Williams (Ben Davies 86); Gareth Bale (David Brooks 86), Aaron Ramsey, Daniel James (Harry Wilson 75).

Baca juga : https://www.jangkauan.com/euro-2020-inggris-skotlandia-imbang-persaingan-grup-d-panas/

https://www.jangkauan.com/euro-2021-belanda-susah-payah-tundukkan-ukraina-3-2/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments