Selasa, 19 Oktober 2021

DPR Minta Panglima TNI Kerahkan Pasukan Selamatkan Nanggala 402

22 April 2021
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Foto :dok DPR)

Jangkauan-Jakarta. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk segera mengerahkan pasukannya mencari Kapal Selam TNI AL KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Utara Bali.

“TNI AL dan Bakamla diharapkan segera berkordinasi untuk menemukan titik kordinat kapal yang hilang kontak tersebut dan melakukan penelusuran keberangkatan dan tujuan kapal itu, sehingga dapat dilakukan langkah awal untuk mempermudah dan mempercepat pencarian,” Kata Azis dikutip dari pers rilisnya, Kamis (22/4/2021) seperti dilansir dari sindonews.

Azis juga mengapreasiasi langkah TNI yang menggandeng Australia dan Singapore untuk pencarian kapal tersebut. Namun dia mengingatkan agar hal ini juga diinformasikan kepada Bakamla maupun relawan terkait. Sehingga ada kerja sama dalam melakukan pencarian.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/breaking-news-kapal-selam-nanggala-loss-contact-di-perairan-bali/

“Selama kerja sama itu sesuai prosedur maka diperbolehkan, pencarian dan hal lainnya terkait kecelakaan latihan perang, biasanya ada prosedur penyelamatan yang disepakati,” ujarnya. 


KRI Nanggala-402 hilang pada Rabu (21/4/2021) setelah meminta izin menyelam pada pukul 03.00 WIB. Juru Bicara TNI AL menyatakan kapal selam itu sedang mengikuti latihan rudal di perairan Bali Utara. Namun, kapal selam itu tidak menyampaikan hasil latihannya.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/tni-al-bangun-stasiun-bantu-kapal-selam-di-natuna/

https://www.jangkauan.com/inilah-profil-kapal-selam-terbaru-indonesia-kri-alugoro-405/

Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono mengatakan KRI Nanggala 402 sedang mengikuti latihan penembakan torpedo. Mendadak, kapal itu tidak merespons panggilan. “Setiap latihan pasti ada komunikasi antara unsur di atas air dan bawah air. Saat komunikasi itu tidak terjadi, maka kita mencari, kok tidak ada laporan di unsur bawah air. Lost contact,” kata Kadispenal seperti dikutip dari detik.

KRI Nanggala 402 merupakan kapal selam kedua dalam jenis kapal selam kelas Cakra. Kapal ini merupakan kapal kedua yang menyandang nama Nanggala dalam jajaran TNI AL. KRI Nanggala termasuk dalam armada pemukul TNI Angkatan Laut. Kapal selam lain dalam kelas Cakra adalah KRI Cakra (401).

Seperti diketahui KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam buatan Jerman pada 1977. KRI Nanggala masuk memperkuat armada TNI Al pada 1981. TNI AL menyebut kondisi material dan personel KRI Nanggala-402 siap dalam pelayaran tersebut. Terdapat 53 awak di kapal selam tersebut yang terdiri atas 49 anak buah kapal (ABK), 1 komandan satuan 3 personel arsenal. Komandan KRI Nanggala-402 adalah Letkol laut (P) Heri Octavian yang sudah satu tahun menjabat 1 tahun.

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/menhan-prabowo-resmikan-kapal-selam-alugoro-405/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments