Selasa, 19 Oktober 2021

Didampingi Kasad, Aprilia Ikuti Sidang Perubahan Status Gender

19 March 2021
Aprili Manganang (tengah) diapit Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) dan Ny. Andika (kanan) (Foto: Dispenad)

Jangkauan-Jakarta. Mantan atlet voli putri nasional yang juga prajurit TNI AD Serda Aprilia Manganang yang beberapa hari terakhir menjadi buah bibir karena adanya fakta bahwa ia sebenarnya seorang laki-laki, hari ini, Jumat (19/3/2021) menjalani sidang perubahan status jenis kelamin dan pergantian nama.

Sidang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Tondano dan digelar secara virtual. Dalam sidang ini Aprilia Manganang didampingi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan istrinya. Dari keluarga Aprilia tampak hadir kakaknya Amasya Amanag dan juga kedua orangtuanya yang hadir di Mabes TNI AD Jakarta.

Baca Juga : https://www.jangkauan.com/olahraga/mantan-atlet-voli-aprilia-ganti-status-gender/

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Loura Sasube mengatakan penetapan permohonan nomor 98/perdatapermohonan/2021/PNTONDANO telah didaftarkan tanggal 12 Maret 2021. Maksud permohonan ini meminta agar permintaan pemohon berjenis kelamin perempuan untuk diubah menjadi laki-laki sesuai dengan permohonan pemohon sesuai dengan pertimbangan.

“Menetapkan satu menetapkan pergantian jenis kelamin pemohon yang semula perempuan kini menjadi laki-laki,” kata Nova Loura Sasube secara virtual di persidangan, Jumat (19/3/2021).

Tak hanya penetapan ini juga membuat Pengadilan Negeri Tondano untuk memerintahkan kepada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Minahasa agar segera melakukan pergantian atas jenis kelamin dan nama pemohon.

Dikatakan Nova, fakta-fakta dan bukti-bukti sebagaimana diuraikan dan dipertimbangkan menyimpulkan bahwa ternyata pemohon adalah berjenis kelamin laki-laki. Permohonan pemohon yang pada pokoknya memohon agar menyatakan pemohon yang bernama Aprilia santini Manganang dan sebagai laki-laki beralasan hukum dan patut untuk dikabulkan.

Baca Juga: https://www.jangkauan.com/kesehatan/kenali-hipospadia-belajar-dari-kasus-aprilia/

Keputusan tersebut pun secara langsung mengubah nama Aprilia Manganang menjadi Aprilio Manganang. Sementara itu, setelah Pengadilan Negeri Tondano mengabulkan perubahan jenis kelamin tersebut, Manganang tak bisa menahan air mata bahagianya keluar. “Selamat hari ini kamu jadi Aprilio Manganang. Jangan menangis, kamu laki-laki to,” kata Hakim.

Aprilio Manganang juga menyampaikan rasa terima kasih atas semua pihak yang telah membantunya hingga saat ini. Hari-hari seperti ini merupakan hari-hari yang selalu ditunggu. “Terima kasih semoga ini menjadi awal yang baik buat saya kedepan karena ini yang saya tunggu, hari ini. Terima kasih Tuhan Yesus. Ini berkat bapak KSAD dan ibu serta dokter,” kata Aprilio Manganang.

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments