Sabtu, 19 Juni 2021

Cara Mudah Mendidik Anak Supaya Mandiri

10 June 2021
Ilustrasi si kecil saat bermain (Foto: istimewa)

Jangkauan-Keluarga. Kemandirian merupakan hal yang perlu diajarkan pada anak sejak kecil. Meskipun seringkali orang tua merasa tidak tega, namun mengajarkan anak mandiri sejak kecil bisa memberikan pengaruh yang baik untuk anak saat ia dewasa nanti. Cara melatih anak mandiri bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk mendidik anak jadi lebih mandiri.

  • Biasakan si Kecil Membereskan Mainannya Sendiri

Hal sederhana pertama yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk mendidik anak jadi lebih mandiri adalah dengan membiasakannya untuk membereskan mainan setelah ia selesai menggunakannya. Pada awalnya, Moms dan Dads bisa membantu si kecil mengumpulkan mainan dalam satu keranjang khusus untuk dikembalikan ke kamar. Perlahan-lahan biarkan si kecil melakukannya sendiri agar ia jadi anak mandiri.

  • Ajari Anak Untuk Mencuci Tangan Sendiri

Mencuci tangan sangat penting dilakukan untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh. Tapi selain baik untuk kesehatan, mencuci tangan bisa Moms dan Dads jadikan salah satu cara untuk melatih si kecil jadi lebih mandiri. Ajarkan si kecil mengenai cara mencuci tangan yang benar. Setelah itu, biasakan anak mencuci tangannya sendiri setiap selesai bermain, mau makan, atau setelah ke toilet.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/tantangan-orang-tua-kembangkan-bakat-anak-di-masa-pandemi/

https://www.jangkauan.com/panduan-merawat-bayi-baru-lahir-bagi-pasangan-muda/

  • Lakukan Toilet Training

Saat si kecil sudah mulai besar, saatnya untuk melatihnya melakukan toilet training. Biasanya toilet training  mulai dilakukan saat anak usia 2.5-3.5 tahun. Ketika anak sudah mulai bisa bicara dengan jelas dan membedakan keingininan untuk BAB atau BAK saat itu toilet training dapat dilakukan.. Toilet training juga sebaiknya dilakukan ketika si kecil sudah bisa melepas celananya sendiri. Dengan mengajarkan toilet training, Moms dan Dads secara tidak langsung juga melatih si kecil untuk jadi lebih mandiri karena tak perlu lagi ditemani saat hendak ke toilet.

  • Sikat Gigi Bersama Sebelum TIdur

Menjaga kebersihan mulut dan gigi penting dilakukan untuk menjaga kesehatan si kecil. Salah satu hal yang wajib diajarkan sejak anak berusia dini adalah menyikat gigi sebelum tidur. Moms dan Dads dapat mengajak si kecil menyikat gigi bersama sebelum tidur untuk sekaligus melatih kemandiriannya. Dengan melihat Moms dan Dads menyikat gigi, si kecil akan belajar untuk melakukan hal yang sama dengan kemampuannya sendiri.

  • Memilih dan Memakai Pakaian Sendiri

Setiap anak selalu tertarik untuk memilih pakaian yang akan dipakainya. Saat sudah beranjak besar, anak pasti juga akan penasaran untuk mulai menggunakan pakaiannya sendiri. Hal ini ternyata bisa Moms dan Dads manfaatkan untuk sekaligus melatih anak mandiri. Meskipun awalnya ia akan kesulitan dan butuh bantuan ketika menggunakan pakaian, tapi biarkan anak berusaha terlebih dahulu untuk melatih kemandiriannya.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/kebersamaan-kunci-sederhana-keluarga-bahagia/

https://www.jangkauan.com/panduan-merawat-bayi-baru-lahir-bagi-pasangan-muda/

  • Belajar Menentukan Pilihan

Belajar menentukan pilihan dan mengambil keputusan juga jadi salah satu cara melatih kemandirian si kecil. Saat hendak beli mainan atau makanan ringan di supermarket, biarkan ia memilih satu jenis mainan atau rasa makanan yang ia mau. Ketika si kecil telah menjatuhkan pilihan, ajarkan juga anak untuk bertanggungjawab atas pilihan tersebut, misalnya dengan cara menghabiskan makanan dan menjaga mainan yang telah ia pilih.

  • Biarkan Anak Bermain dengan Anak Lain

Bermain di dalam rumah memang bisa menjamin si kecil akan lebih aman. Tapi membiarkan si kecil sesekali bermain di luar dan bersosialisasi dengan anak lain bisa membuatnya jadi pribadi yang lebih mandiri. Tapi meskipun begitu, Moms dan Dads sebaiknya tetap mengawasi si kecil ya. Jangan sampai si kecil lepas dari pengawasan dan justru mendapatkan bahaya.

  • Beri Tugas Rumah Sederhana

Melatih anak mandiri juga bisa dilakukan dengan memberian tugas rumah sederhana untuknya. Moms dan Dads bisa meminta anak untuk menaruh tempat makannya ke dapur setelah selesai makan, atau membuang bungkus snack setelah ia menghabiskannya ke tempat sampah. Dengan tugas rumah sederhana ini, si kecil akan terbiasa untuk melakukan hal mandiri hingga ia dewasa nanti.

Kemandirian adalah salah satu kebiasaan baik yang diajarkan Kodomo Challenge. Bukan hanya kemampuan kognitif yang harus diperhatikan, namun sikap dan kebiasaan baik juga penting diajarkan sejak dini untuk mendukung karakternya di masa depan. Namun orangtua pun harus memahami juga bagaimana mendukung dan mengawasi si kecil selama proses pembelajaran, di Kodomo Challenge terdapat parent’s guide book yang memberikan banyak pembelajaran bagi orangtua.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk melatih si kecil menjadi anak mandiri sejak dini.  Dengan mendidik anak menjadi lebih ma­­­ndiri sejak kecil, Moms dan Dads telah memberikan bekal yang sangat berharga untuk ia bawa hingga dewasa nanti. (sumber: shimajiro.id)

Baca juga : https://www.jangkauan.com/hari-1-larangan-mudik-pergerakan-transportasi-turun-drastis/

https://www.jangkauan.com/viral-pemudik-menangis-antara-empati-dan-tuntutan-tugas-seorang-aparat/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments