Sabtu, 27 November 2021

Alih Status Jadi ASN, 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK

5 May 2021
Konferensi Pers KPK (Foto : detik/ Azhar Bagas Ramadhan)

Jangkauan-Jakarta. Dalam proses alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN),  pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan serangkaian proses, salah satunya harus mengikuri Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Namun uniknya dalam mengikuti tes ini, 75 pegawai dinyatakan tidak lulus.

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengungkapkan jumlah pegawai yang lulus TWK itu dalam jumpa pers hasil Aassesmen TWK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta pada hari ini Rabu (5/5/2021).

Nurul Ghufron menjelaskan, sepanjang tanggal 18 Maret-9 April 2021, KPK bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah melakukan TWK bagi 1.351 pegawai KPK.

“Pegawai yang memenuhi syarat 1.274, pegawai yang tidak memenuhi syarat 75 orang, pegawai yang tidka hadir wawancara 2 orang,” kata Nurul Ghufron.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/presiden-teken-pp-thr-aparatur-negara-h-10-mulai-dibayarkan/

https://www.jangkauan.com/buruan-daftar-taruna-i-akademi-angkatan-laut-bisa-via-online/

Pembukaan hasil TWK dilakukan siang ini sekira pukul 14.00 WIB. “Kami buka tadi siang sekitar jam 14.00 WIB,” kata Ghufron seperti dilansir dari laman sindonews.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan dalam proses pengalihan pegawai KPK telah dipersiapkan secara matang. “Proses pengalihan pegawai KPK menjadi ASN telah disiapkan secara matang baik berkerja sama dengan seluruh pihak,” jelasnya.

Selain itu, Firli, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap berpegang teguh untuk independen dan tidka terpengaruh apapun. “KPK sampai hari ini tetap independen dan melakukan tugas tanpa pengaruh apa pun. KPK tidak lemah dan tidak bisa dilemahkan,,” kata Firli.

Lihat juga : https://www.jangkauan.com/dalam-5-tahun-utang-indonesia-naik-150-persen/

https://www.jangkauan.com/utang-indonesia-tembus-rp-6-445-triliun-per-maret-2021/

Alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menjadi pegawai negeri sipil atau PNS menjadi salah satu pasal paling disoroti dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019.

Ketentuan ini memperoleh berbagai kritik lantaran dianggap akan mengganggu independensi pegawai KPK dan mendegradasi lembaga independen menjadi lembaga di bawah pemerintah.

Belakangan, proses  alih status pegawai KPK menjadi PNS atau ASN tengah berlangsung. Firli mengatakan proses ini diperkirakan rampung pada awal Juni mendatang.

Bahkan, pelantikan pegawai KPK sebagai PNS bakal dilakukan pada 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila. “Insya Allah pegawai KPK akan beralih menjadi ASN dan dilantik pada 1 Juni 2021 dengan semangat hari lahirnya Pancasila,” kata Firli Bahuri, Maret lalu.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/mau-daftar-cpns-kunjungi-websitenya/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments