Rabu, 1 Februari 2023

5 Aplikasi Video Call Untuk Silaturahmi Dengan Keluarga

10 May 2021
Salah satu aplikasi video call yang bisa digunakan untuk silaturahmi dengan kelaurga saat lebaran (Foto : Istimewa)

Jangkauan-Jakarta.  Lebaran tahun ini pemerintah dengan tegas melarang warganya mudik terutama dari tanggal 6-17 Mei 2021.  Larangan ini tentunya membuat sebagian masyarakat kecewa karena tidak bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Meski demikian, banyak alternatif yang dapat digunakan masyarakat untuk bisa bersilaturahmi saat lebaran. Salah satunya dengan memanfaat teknologi video call atau panggilan video. Walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung, tapi melalui Video Call ini sedikit banyak dapat mengurangi rasa kangen kepada sahabat dan sanak famili yang jaraknya cukup jauh sekalipun.

Saat ini ada banyak pilihan video call yang bisa digunakan secara gratis dan menampung cukup banyak pengguna sekaligus.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/indahnya-berbuka-puasa-bersama-keluarga/

https://www.jangkauan.com/bang-jangkau-guyonan-larangan-mudik/

Dirangkum dari tekno sindonews, berikut adalah beberapa aplikasi video call gratis yang bisa tampung banyak orang sebagai pengganti silaturahmi bareng keluarga.

1. WhatsApp

Aplikasi milik Facebook ini memang sudah menjadi bagian sehari-hari untuk digunakan dalam berkomunikasi. Semenjak pandemi, fitur video call di Whatsapp terus diberikan pembaruan. Kini video call di aplikasi bisa digunakan secara gratis untuk 8 orang dalam satu kali panggilan.

2. Google Meet

Google Meet merupakan aplikasi besutan Google yang bisa digunakan untuk video call. Aplikasi ini bisa diakses melalui perangkat mobile Android, iOS, hingga melalui website. Meet menawarkan cara yang sangat sederhana dan efisien untuk melakukan obrolan video dengan kolega, teman, dan keluarga. Namun, sayangnya Google Meet sudah tidak bisa diakses bebas secara gratis lagi mulai 1 April 2021. Pengguna gratis Meet diberi jatah waktu untuk durasi video call selama satu jam.

Lihat juga :

https://www.jangkauan.com/meski-dilarang-27-juta-warga-tetap-nekat-mau-mudik/

https://www.jangkauan.com/larangan-mudik-2021-sebelas-persen-ngotot-ingin-mudik/

3. Zoom

Zoom masih menjadi salah pilihan utama sebagai aplikasi video call yang bisa digunakan untuk menjalin silaturahmi saat lebaran. Namanya begitu populer sejak awal pandemi berlangsung 2020 lalu. Sebab platform video call ini dibekali dengan beragam fitur menarik dan yang paling penting kompatibel digunakan lewat smartphone maupun komputer. Untuk fitur gratisnya, Zoom dapat digunakan untuk video call hingga 100 orang. Namun meski demikian, Zoom membatasi video call maksimal hanya 40 menit saja.

4. Skype

Selanjutnya ada Skype, aplikasi video call yang sudah lama populer jauh sebelum Zoom ramai digunakan saat pandemi. Meski terhitung pemain lama Skype memiliki kelebihan-kelebihan yang membuatnya masih layak untuk digunakan sebagai aplikasi video call untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga di hari lebaran. Kelebihan itu seperti sifatnya yang multipfatform, atau bisa digunakan di banyak media, seperti ponsel, komputer dan Xbox. Selain itu, Skype juga bisa digunakan untuk banyak pengguna, yakni hingga mencapai 50 orang dalam satu panggilan video.

5. Cisco Webex

Webex adalah aplikasi video konferensi yang telah lama ada, lalu diakuisisi oleh Cisco pada 2007.  Fokus dari aplikasi ini memang digunakan untuk bisnis, namun tidak ada salahnya digunakan saat lebaran nanti untuk video call bareng keluarga. Selama pandemi saat ini, fitur versi gratis telah diperluas dari 50 menjadi 100 peserta, tapi dibatasi hingga 50 menit.

Baca juga : https://www.jangkauan.com/pemerintah-putuskan-larang-mudik-lebaran-2021/

https://www.jangkauan.com/kapan-lebaran-kemenag-gelar-sidang-isbat-11-mei/

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments