Kamis, 20 Januari 2022

21 Maret 2021, Asteroid 3000 kaki akan Lintasi Bumi

12 March 2021
Ilustrasi sebuah asterorid besar yang mendekati orbit bumi (foto :astronomy/roen kelly)

Jangkauan-Jakarta. Pada tanggal 21 Maret 2021 mendatang, sebuah Asteroid yang dikenal dengan nama 2001 FO32 dengan diameter sekitar 3.000 kaki dan telah ditemukan 20 tahun lalu akan melintasi bumi. Asteroid 2001 FO32 akan melewati bumi dengan kecepatan 77.000 mil per jam, lebih cepat dari kecepatan kebanyakan asteroid yang menghantam bumi.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) seperti dilansir AFP pada Jumat ini (12/3/2021) mengumumkan hal itu. Menurut Nasa, Ini akan menjadi asteroid terbesar yang melintasi Bumi tahun ini. Asteroid itu akan mendekat dengan jarak sekitar 1,25 juta mil (dua juta kilometer) dari bumi. Kejadian itu akan memungkinkan para astronom untuk melihat dari dekat asteroid tersebut.

“Kami mengetahui jalur orbit 2001 FO32 mengelilingi Matahari dengan sangat akurat,” kata Paul Chodas, direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi. “Tidak ada kemungkinan asteroid akan lebih dekat ke Bumi dari 1,25 juta mil,” imbuh Chodas.

Saat ini Asteroid 2001 FO32 diperkirakan berjarak sekitar 5,25 kali jarak bumi dari bulan. Meski begitu, 2001 FO32 masih bisa diklasifikasikan sebagai “asteroid yang berpotensi berbahaya.”

“Saat ini, sedikit yang diketahui tentang objek ini, jadi kejadian yang sangat dekat ini akan memberikan kesempatan luar biasa untuk mempelajari banyak hal tentang asteroid ini,” kata Lance Benner, ilmuwan utama di Jet Propulsion Laboratory NASA.

NASA mengatakan para astronom berharap mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ukuran asteroid dan gambaran kasar komposisinya, dengan mempelajari cahaya yang dipantulkan dari permukaannya. Ketika sinar matahari menghantam permukaan asteroid, mineral di batuan menyerap beberapa panjang gelombang sambil memantulkan yang lain. Dengan mempelajari spektrum cahaya yang dipantulkan dari permukaan, astronom dapat mengukur ‘sidik jari’ kimiawi dari mineral di permukaan asteroid.

berita terkait
Komentar
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments